Minggu, 01 Mei 2011

Beberapa Istilah dalam Kepenilikan

  1. Penilik, adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggungjawab, dan wewenang untuk melaksanakan pengendalian mutu program pendidikan nonformal dan informal (PAUD NI) atau pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUD NI) melalui kegiatan merencanakan, pemantauan, penilaian, pembimbingan, dan pembinaan dan evaluasi dampak program PAUD NI yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan hak dan kewajiban yang diberikan secara penuh oleh pejabat berwenang.
  2. Instansi pembina jabatan fungsional Penilik adalah Kementerian Pendidikan Nasional
  3. Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota adalah Bupati/Walikota
  4. Pendidikan Nonformal (PNF) adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
  5. Pendidikan Informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri
  6. Satuan Pendidikan Nonformal adalah lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim serta satuan pendidikan yang sejenis.
  7. Kursus dan pelatihan adalah proses pembelajaran yang diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan sikap mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  8. Pelatihan adalah suatu proses interaksi antara peserta didik  dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar tertentu untuk menjadikan peserta didik  dapat menerapkan teori ke dalam praktek, sehingga memiliki keterampilan di bidang mata ajaran atau ilmu pengetahuan tertentu
  9. Kelompok belajar adalah satuan pendidikan nonformal yang terdiri atas sekumpulan warga masyarakat yang saling membelajarkan pengalaman dan kemampuan dalam rangka meningkatkan mutu dan taraf kehidupannya.
  10. Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) adalah satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan berbagai kegiatan belajar sesuai kebutuhan belajar masyarakat atas dasar prakarsa dari, oleh, dan untuk masyarakat.
  11. Majelis taklim adalah sekelompok warga masyarakat berbasis keagamaan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar PAUD NI.
  12. Satuan pendidikan sejenis adalah penyelenggaraan program PAUD NI yang berkembang di masyarakat dapat diintegrasikan dengan program lain sebagai upaya untuk memperluas pelayanan pendidikan.
  13. Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar tertentu untuk menjadikan peserta didik  menguasai mata ajaran atau ilmu pengetahuan tertentu.
  14. Pembimbingan adalah suatu proses interaksi antara peserta didik  dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar tertentu untuk memberikan tuntunan dan arahan kepada peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya agar memiliki sikap sesuai dengan keilmuan dan keterampilan yang telah dimilikinya.
  15. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir yang harus dicapai oleh penilik dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier yang bersangkutan .
  16. Tim Penilai Angka Kredit adalah sejumlah orang yang ditetapkan dan ditugaskan oleh pejabat berwenang untuk menilai prestasi kerja penilik.
  17. Bukti fisik adalah sesuatu yang dapat dijadikan dasar untuk menyatakan kebenaran sebagai hasil dari penerapan uraian tugas yang meliputi unsur pendidikan, pengendalian mutu program PAUD NI, evaluasi dampak program PAUD NI, pengembangan profesi, dan penunjang pelaksanaan tugas.
  18. Salinan sah adalah turunan (copy) dari bukti fisik asli yang dapat dipertanggungjawabkan keasliannya dan disahkan oleh pejabat berwenang
  19. Penilaian adalah penentuan derajat kualitas berdasarkan kriteria (tolok ukur) yang ditetapkan terhadap prestasi kerja
  20. Kriteria penilaian adalah ukuran atau ketentuan yang harus digunakan bagi penilaian kegiatan atau prestasi kerja penilik sebagai dasar untuk penetapan angka kredit
  21. Prestasi kerja adalah hasil kerja dan kemajuan yang telah dicapai seorang penilik dalam melaksanakan tugasnya
  22. Pendidikan dan pelatihan fungsional adalah upaya peningkatan dan/atau pemantapan wawasan, pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan yang sesuai dengan profesi dan bermanfaat dalam pelaksanaan tugas penilik
  23. Pendidikan dan pelatihan teknis adalah kegiatan peningkatan kompetensi tertentu yang diperlukan oleh penilik dalam melaksanakan pengendalian mutu program PAUD NI
  24. Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Fungsional adalah surat keterangan yang diperoleh penilik setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan fungsional
  25. Evaluasi dampak program PAUD NI adalah kajian terhadap pengaruh dari pelaksanaan program PAUD NI 
  26. Menyusun kisi-kisi adalah kegiatan menyusun rambu-rambu yang akan dijadikan dasar dalam menyusun instrumen dalam melaksanakan pengendalian mutu program PAUD NI, yang terdiri atas variabel komponen/aspek, sub variabel/sub komponen/sub aspek dan indikator.
  27. Membuat instrumen adalah kegiatan menyusun alat pengumpul data yang berbentuk format dan/atau daftar pertanyaan berdasarkan kisi-kisi
  28. Ujicoba instrumen adalah kegiatan untuk menguji keterandalan alat pengumpul data dalam rangka pengendalian mutu program PAUD NI
  29. Menyempurnakan instrumen adalah suatu kegiatan menelaah kembali instrumen berdasarkan hasil ujicoba sehingga memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi
  30. Mengumpulkan data adalah kegiatan menghimpun dan mencatat data dan informasi pengendalian mutu program PAUD NI dengan menggunakan instrumen yang sesuai
  31. Mengidentifikasi data adalah kegiatan mencari, menemukan dan mengumpulkan dan mencatat data dan informasi tentang pengendalian mutu program PAUD NI dengan menggunakan instrumen yang sesuai
  32. Mengolah data adalah kegiatan mengedit, memberikan kode, mentabulasi dan menggolongkan data dan informasi tentang pengendalian mutu program PAUD NI dengan menggunakan instrumen yang sesuai
  33. Menganalisis data adalah kegiatan menelaah atau menguraikan, mencari tingkat keakuratan dan keterandalan suatu data dan informasi dengan menggunakan kaidah, metode, prosedur ilmiah dan alat yang sesuai untuk menghasilkan kesimpulan tentang pengendalian mutu program PAUD NI
  34. Sumber belajar adalah pendidik dan tenaga pendidikan atau segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran, pelatihan dan bimbingan
  35. Pengelola adalah warga masyarakat baik perorangan maupun kelompok yang mengelola dan menyelenggarakan proses pembelajaran, pelatihan dan bimbingan di bidang PAUD NI
  36. Sumber daya PAUD NI adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam penyelenggaraan PAUD NI
  37. Metode dan media pembelajaran, pelatihan dan bimbingan adalah cara dan alat/bahan yang digunakan dalam penyampaian materi pelajaran pada proses pembelajaran, pelatihan dan bimbingan
  38. Materi pembelajaran pelatihan dan bimbingan adalah susunan bahan ajar yang dipersiapkan oleh sumber belajar dan pengelola/penyelenggara dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pelatihan dan bimbingan
  39. Menyusun rencana tahunan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD NI Kabupaten/kota adalah kegiatan menyusun konsep rencana kerja pengendalian mutu dan evaluasi dampak program untuk satu tahun kedepan
  40. Mempresentasikan rencana tahunan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD NI Kabupaten/kota adalah kegiatan menyajikan dan membahas rencana tahunan pengendalian mutu program PAUD NI dalam suatu pertemuan yang dihadiri oleh Penilik dan pemangku kepentingan terkait se kabupaten/kota
  41. Memberikan saran/masukan penyempurnaan rencana tahunan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD NI Kabupaten/kota adalah kegiatan menyampaikan gagasan atau pemikiran dalam kegiatan presentasi untuk penyempurnaan rencana tahunan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD NI
  42. Menyusun rencanan kerja triwulan pengendalian mutu program PAUD NI adalah kegiatan menyusun rencana pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD NI setiap tiga bulan
  43. Mengkaji peraturan/kebijakan PAUD NI adalah kegiatan menelaah kembali peraturan yang telah ditetapkan di bidang PAUD NI sebagai persiapan dalam pelaksanaan tugas pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD NI
  44. Menyusun rekomendasi adalah kegiatan penyampaian saran atau gagasan secara tertulis kepada pengelola berdasarkan hasil analisis dan penilaian pengendalian mutu dan evaluasi dampak program dalam rangka peningkatan mutu penyelengaraan program PAUD NI
  45. Memberikan bimbingan adalah kegiatan mengarahkan dan memberi petunjuk tentang perencanaan, penyelengaraan dan penilaian program PAUD NI yang efektif dan efisien.
  46. Menyusun laporan adalah kegiatan menyampaikan data dan informasi secara tertulis hasil pengendalian mutu dan evaluasi dampak program (triwulan dan/atau tahunan)
  47. Menilai adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana dengan menggunakan alat ukur tertentu guna mengetahui hasil pelaksanaan suatu program
  48. Pengembangan profesi adalah kegiatan dalam rangka pendalaman dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas dan profesionalisme penilik guna menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia pendidikan
  49. Karya ilmiah adalah karya yang disusun, baik secara kelompok maupun perorangan membahas suatu masalah dan gagasan yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan melalui metode dan prosedur ilmiah
  50. Karya tulis/ilmiah yang dipublikasikan adalah karya tulis/ilmiah yang diterbitkan oleh suatu penerbit yang memiliki dewan redaksi atau lembaga pemerintah dan disebarluaskan kepada masyarakat
  51. Penulis utama (ketua) adalah orang yang memprakasai penulisan, memiliki ide tentang hal yang akan ditulis, pembuat sistematika, penyusun konsep tulisan sehingga nama yang bersangkutan tertera pada urutan pertama atau dinyatakan secara jelas penulis utama
  52. Penulis pembantu (anggota) adalah orang yang memberikan bantuan kepada penulis utama, misalnya dalam pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, penyempurnaan konsep/penambahan bahan materi dan penyunting.
  53. Makalah adalah suatu karya tulis yang membahas suatu topik tertentu dalam bidang pendidikan
  54. Tulisan ilmiah populer adalah suatu hasil tulisan yang membahas suatu topik melalui metode dan prosedur ilmiah dan memenuhi syarat (kaidah) yang ditetapkan oleh lembaga/instansi yang berwenang
  55. Prasarana adalah gagasan yang disampaikan dalam suatu pertemuan ilmiah guna membahas suatu topik tertentu
  56. Teknologi yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari secara mudah, murah dan sederhana dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
  57. Petunjuk pelaksanaan pengendalian mutu program adalah petunjuk atau pedoman yang dapat digunakan bagi para penilik dan pejabat yang berkepentingan dalam melaksanakan pengendalian mutu program secara sangkil dan mangkus
  58. Penunjang pengendalian mutu program adalah kegiatan yang dapat menunjang pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggung jawab penilik
  59. Pengabdian pada masyarakat adalah kegiatan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan, serta sikap mental yang bermanfaat bagi masyarakat
  60. Keanggotaan dalam organisasi profesi adalah kedudukan seorang penilik dalam organisasi yang bertujuan meningkatkan kemampuan profesionalismenya yang dibuktikan dengan kartu anggota atau surat keputusan
  61. Seminar/lokakarya adalah suatu bentuk pertemuan ilmiah untuk membahas topik tertentu dalam bidang pendidikan untuk memperoleh suatu kesimpulan.
  62. Diskusi terfokus adalah kegiatan untuk membahas dan memecahkan masalah tertentu dari hasil pemantauan pelaksanaan program PAUD NI
  63. Menjadi delegasi dalam pertemuan ilmiaah adalah kegiatan mengikuti pertemuan bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam bidang tertentu
  64. Keanggotaan dalam Tim Penilai Angka Kredit (TPAK) adalah kedudukan penilik dalam tim penilai yang bertugas menilai prestasi kerja penilik.
  65. Sekretariat Tim Penilai adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan layanan kegiatan penilaian angka kredit
  66. Tim Penilai Teknis adalah sejumlah ahli yang bertugas untuk menelaah dan menilai bukti fisik dan kelengkapan lainnya yang diperlukan untuk penilaian angka kredit, apabila tim penilai angka kredit tidak memiliki keahlian dalam melakukan penilaian
  67. Menjadi panitia adalah kedudukan penilik dalam kepanitiaan kegiatan PAUD NI yang dibuktikan dengan surat keputusan dari pihak yang berwenang/penyelenggara
  68. Specimen adalah contoh tanda tangan
  69. Penghargaan/tanda jasa karya satya adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada penilik atas pengabdian secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu (10, 20 atau 30 tahun).
  70. Gelar kehormatan akademis adalah penghargaan yang diberikan kepada penilik dari lembaga pendidikan tinggi negeri/swasta baik dalam maupun luar negeri
  71. Gelar kesarjanaan lain yang tidak sesuai dengan bidang tugas adalah gelar sarjana di luar bidang pendidikan yang diperoleh setelah menduduki jabatan fungsional penilik.
  72. Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) adalah daftar yang memuat prestasi kerja yang dicapai dan angka kredit yang telah diperhitungkan oleh penilik dalam kurun waktu tertentu untuk dinilai.
  73. Penilaian Angka Kredit penilik adalah proses evaluasi dan verifikasi terhadap dokumen prestasi kerja penilik yang dilakukan oleh Tim Penilai yang diusulkan sebagai bahan penetapan angka kredit yang dicapai penilik.
  74. Penetapan Angka Kredit (PAK) adalah pengakuan formal secara tertulis oleh pejabat yang berwenang terhadap angka kredit penilik setelah dilakukan penilaian.

<=======================================>

track web hits

Terimakasih atas kunjungan Anda:

Member Login

Setiap artikel akan dihantar ke email anda secara otomatis! Masukkan email anda::

<=======================================>

<======= Alghazali Collection =======>
<======= Alghazali Collection =======>