Jumat, 05 Oktober 2012

Laporan Penilikan Tahun 2011

L A P O R A N
PENILIKAN
PNFI
( Pendidikan Non Formal dan Informal )

Periode: Bulan Januari 2011 s.d. Desember 2011


Disusun dalam rangka pertanggungjawaban
Pelaksanaan Penilikan PNFI di Kecamatan Bika
Tahun 2011


Disusun oleh :

LILIGHAZALI
Nip. 19730820 199908 1 001


PENILIK PNFI
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN KAPUAS HULU
KALIMANTAN BARAT
2011

=============================================
KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT.atas limpahan taufiq hidayah dan rahmat-Nya sehingga pennyusunan laporan kegiatan penilikan PNFI di Kecamatan Bika telah selesai dengan baik.

Tujuan laporan kegiatan penilikan PNFI oleh oleh Penilik PNFI diantaranya adalah agar pihak yang diberi laporan dapat mengikuti keadaan dan perkembangan kegiatan dari suatu program yang sedang dilaksanakan dan dapat segera menentukan masalah-masalah yang terdapat dalam kegiatan yang segera dipecahkan kemudian dapat memikirkan dan mengambil kebijakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah/hambatan yang timbul.

Ucapan terimakasih penyusun sampaikan kepada semuapihak yang telah berpartisipasi dalam penyelesaian laporan kegiatan penilikan PNF ini.penyusun menyadari sepenuhnyaapa yang telah dilaksanakan masihjauh dari sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik dalam rangka penyempurnaan laporan-laporan kegiatan kepenilikan PNFI berikutnya.

Akhirnyahanya kepada Allah SWT.kami berserah dan semogaapa yang sudah dan sedang kita laksanakan mendapat ridha danmaghfirah-Nya. Amin.

Putussibau, Desember 2011
Penilik PNF Kec.Bika

LILIGHAZALI
Nip. 19730820 199908 1 001

=============================================

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
B. Dasar
C. Tujuan
D. Fungsi
E. Manfaat

BAB II PELAKSANAAN PENILIKAN PNFI
A.Proses Kegiatan
1. Persiapan
2. Proses pelaksanaan
3. Bidang Penilikan
4. Sasaran Penilikan
5. Lokasi
6. Waktu
7. Paktor Pendukung dan Penghambat
B. Hasil pelaksanaan Penilikan PNFI

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Saran

BAB V PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Jadwal Penilikan
2. Instrumen
3. Tabulasi Data
4. Fhoto-fhotokegiatan
5. Paket Data

=============================================

BAB I
PENDAHULUAN

A. LatarBelakang

Keputusan MENPAN Nomor 15/KEO/M.PAN/3/2002Tanggal 21 Maret 2002 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan angka Kreditnya, Pasal 4 menyebutkan bahwa TugaspokokPenilik, adalah merencanakan, melaksanakan, menilai, membimbing, danmelaporkan kegiatan penilikan PLS. Salah satu tugas poko Penilik tersebut adalah menyampaika laporan kegiatan Penilikan PNFI dan penilaian hasil Penilikan PNFI yaitu menyusun laporan triwulan dan penilaian penilikan, menyusun laporan tahunan, menilai hasil penilikan.

Pelaporan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan secara teratur untuk menyampaikan hasil pelaksanaan dan tindaklanjut program kepada yang berwenang. PelaporanPenilikan PNFI adalah informasi yang disampaikan oleh penilik atau petugas yang melaksanakan penilikan berdasarkan data-data, yang terkumpul pada periode waktu tertentu.

Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar jalur pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.Pendidikan non formal diselenggarakan untuk melayani warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.

Berdasarkan literatur di atas danhasil pemantauan yang dilakukanoleh Penilik PNF bahwa pada tahun 2008 di Kec.Bika Kabupaten Kapuas Hulu terdapat banyak penduduk yang mengadakan kegiatan pendidikan non formal seperti Paket B setara SMP, KF, PAUD dan Kelompok Belajar Usaha. Kegiatan pembelajaran dan pelatihan tersebut di koordinir oleh Lembaga Puasat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harapan Kita.

Melihat hal tersebut Penilik PNFI sebagai petugas pemantau dan pembina pendidikan non formal di Kec. Bika berusaha semaksimal mungkin memotivasi warga masyarakat agar maukembali menuntut ilmu dan belajar di kelompok-kelompok belajar yang sudah ada dan memberikan arahan kepada pengelola, tutor serta penyelenggara PNFI .
Hasil dari kegiatan penilikan bidang pembelajaran, pelatihan dan sumber daya pendidikan tersebut telah disusun dalam satu bentuk laporan yang berjudul LAPORAN PENILIKAN PNFI.

B. Dasar

• UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
• PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional
• Permenpan-RB No. 14 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kredit.
• Permendiknas No. 14 tahun 2007 tentang Standar isi Pendidikan Kesetaraan Paket A,B,C
• Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang Standar Kelulusan Pendidikan Non Formal Paket A, B dan C
• Permendiknas No.3 tahun 2008 tentang Standar Prose Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, C.
• Permendiknas No. 43 tahun 2009 tentang Standar Tenaga Andministrasi Pendidikan Non Formal
• Permendiknas No. 44 tahun 2009 tentang Standar Pengelola Pendidikan Non Formal

C.Tujuan

Tujuan laporankegiatanpenilikan PNFI oleh oleh Penilik PNFI diantaranya adalah :
* Agar pihak yang diberi laporan dapat mengikuti keadaan dan perkembangan kegiatan dari suatu program yang sedang dilaksanakan.
* Agar pihak yang diberi laporan segera menentukan masalah-masalah yang terdapat dalam kegiatan yang segera dipecahkan kemudian
* Agar pihak yang diberi laporan dapat memikirkan dan mengambil kebijakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah/hambatan yang timbul.

D.Fungsi

Penyusunanlaporanpenilikan PNFI mempunyai fungsi sebagaiberikut:
- Pertanggungjawaban, artinya segala pelaksanaan kegiatan, maka perlu adanaya pelaporan, baik yang berkaitan dengan proses, hasil, hambatan, dan sejenisnya.
- Alat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan pendukung dan penghambat sejak tahap perencanaan, pelaksanaan dan akhir kegiatan.
- Bahan acuan untuk menyusun rencana berikutnya, dan tindaklanjut.
- Bahan Dokumentasi.

E. Manfaat

Penyusunanlaporanpenilikan PNFImempunyaimanfaatsebagaiberikut:
1. Mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan/tugasberlangsung
2. Mengetahui Siapa yang melaksanakan kegiatan/tugas.
3. Mengetahui Kegiatan/tugasapa yang telah berlangsung.
4. Mengetahui Seberapa jauh tujuan kepenilikan tercapai.
5. Mengetahui Hambatan apa yang terjadi pada pelaksanaan kegiatan/program tersebut.
6. Mengetahui Bagaiman acaramengatasi masalah.
7. Mengetahui Target atau sasaran yang ingin dicapai daria danya kegiatan/program tersebut.
8. Mengetahui Mitra kerja dalam melaksanakan kegiatan/program.
9. Mengetahui Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/program tersebut.
10. Mengetahui Alat dan sarana yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan/program tesebut.
11. Mengetahui Hasil yang telah dicapai.

=============================================

BAB II
PELAKSANAAN PENILIKAN PNFI

A. Proses Kegiatan

1. Persiapan
* Menyiapkan surat tugas dari pimpinan (Surat Tugas terlampir)
* Menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk menyusun laporan.
* Menetapkan metode dan teknik dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
* Membuat instrumen.(Instrumen terlampir)
* Menentukan mitra kerja untuk membantu penyusunan laporan.
* Menentukan sasaran bidang yang akan dilaporkan.
* Mengumpulkan data hasil penilikanpada program-program PNFI.
* Mempelajari dan mengolah data hasil penilaian penilikan pada program-program PNFI.
* Menyimpulkan hasil penilaian penilikan program-program PNFI.
* Menyusun laporan hasil penilikan program-program PNFI setiaptigabulan.
* Menyampaikan / mengirimkan laporan pada pimpinan.

2. Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan mengumpulkan data secara sistematis untuk dijadikan informasi tertulis dari hasil penilaian penilikan penyelenggaraan program-program PNFI selama satu tahundimuali pada bulan Januari tahun 2008 s.d. bulan Desember 2008 yang berisi aspek dan subaspek dari bidang pembelajaran, pelatihan, pembinaan sumber daya Pendidikan metode dan media serta materi, dengan dibantu oleh mitra kerja penilik diantaranya : Penilik Sebaya, Kasi Pendidikan, Pengawas TK/SD,dan praktisi pendidikan lainnya.

3. Bidang Penilikan

Fokus yang ditilik disesuaikan dengan jabatan penilik, yaitu Penilik Terampil pada jenjang Penilik Pelaksana Lanjutan. Adapun bidang yang ditilk adalah sebagai berikut:
a. Mengumpulkan dan mentabulasi data bidang :
- Pembelajaran, pelatihan dan bimbingan
- Sumberdaya pendidikan

b. Mengolah data di bidang :
- Pembelajaran, pelatihan dan bimbingan
- Sumberdaya pendidikan

c.Menganalisis data dan menyusun rekomendasi penyelenggaraan program PNFI yang ada di Kec. Bika bagi pengelola di bidang :
- Pembelajaran dan pelatihan

4. Sasaran Penilikan

Sasaran penilikan adalah program-program PNFI yang sedang berjalan di Kec. Bika, yaitu:

a. Program PendidikanMasyarakat (DIKMAS)
* KeaksaraanFungsional (KF)
* Paket B setara SLTP
* KelompokBelajar Usaha

b. Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
* KelompokBermain

5. Lokasi Penilikan

a. Program PendidikanMasyarakat (DIKMAS)
* KeaksaraanFungsional (KF)

 

Lokasi Kegiatan    Nama Kelompok      
Desa Teluk sindur    Telsi 1
Telsi 2
Seroja      
Desa Bika Hulu    Melati
Anggrek
Maju Bersama
Mentari      
Desa Bika    Karya Bersama
Mekar Sari
Mekar Jaya      
Desa Na.Manday    Tj. Palau
Tj. Kapuas      
Desa Jelemuk    Karya Nyata      
Desa Jongkong Mdy    Harapan Bersama      
Desa Melapi Mdy    Oke Sajalah   


* Paket B setara SLTP


Lokasi Kegiatan    Nama Kelompok      
Desa Teluk sindur    Paket B Telsi
Kelas 3 Lanjutan      
Desa Bika Hulu    Paket B Mentari
Kelas 1      
Desa Na.Manday    Paket B Mawar
Kelas 3 Ujian   

c. Program PendidikanAnakUsiaDini (PAUD)
* Kelompok Bermain
PAUD Bina Kasih Desa Bika Hulu
PAUD Telsi di Desa Teluk Sindur

6. Waktu

Pelaksanaan kegitan penilikan dilakukan disesuaikan dengan jadwal program penyelenggaraan PNFI, dengan rutinitas dilakukan dua minggu sekali pada satu kelompok belajar PNFI.
Jadwal pelaksanaan penilikan terlampir.

7.Faktor Pendukung dan Penghambat

a. Faktor Pendukung

Tersedianya sumber daya pendidikan seperti tutor dan penyelenggara, sarana dan prasarana yang terdapat di setiap lokasi dimana program PNFI berada.
Dengan mengikutsertakan Guru-guru SD yang tersebar di setiap Desa dan menggunakan pasilitas Gedung SD pelaksanaan program PNFI dapat berjalan dengan baik.
Tersedianya lapangan olah raga yang berada di setiap Desa

b. Paktor Penghambat (Masalah yang ditemui)

Permasalahan yang ditemukan ketika melaksanakan penilikan sehingga menjadi faktor penghambat pelaksanaan PNFI di Kec. Bika diantaranya adalah :


No.    Masalah yang ditemui    Pemecahan Masalah      

1.    Program PendidikanMasyarakat (DIKMAS)          
   
o   KeaksaraanFungsional (KF)

-        Dari 15 kelompok belajar KF yang ada hanya 10 kelompok yang bisa menyelesaikan kegiatan belajarnya selama 6 bulan, sedangkan 5 kelompok lagi tidak dapat menyelesaikan kegiatan belajar, hal ini disebabkan oleh rutinitas kerja masyarakat cukup tinggi (sibuk) yang menyita banyak waktu sehingga kesempatan belajar hampir tidak ada.
-        Biaya pelaksanaan program KF yang diterima dari Dinas Pendidikan sebesar Rp. 3.600.000,- / kelompok dirasakan tidak cukup hal ini disebabkan oleh biaya hidup cukup tinggi (serba mahal)

   
o   KeaksaraanFungsional (KF)

-        Segala upaya telah dilakukan agar proses belajar mengajar KF dapat terselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan. Salah satunya adalah pelaksanaan program dilaksanakan pada malam hari, sehingga aktifitas WB dalam mencari nafkah tidak terganggu.
-        Penggunaan biaya KF yang diterima digunakan disesuaikan dengan kegiatan yang dilaksanakan.

      
              

2.    Program PendidikanMasyarakat (DIKMAS)    Program PendidikanMasyarakat (DIKMAS)      
    o   Paket B Setara SMP
-        Kesadaran untuk mengikuti kegiatan belajar masih sangat rendah hal ini disebabkan oleh rendahnya pandangan hidup dan tarap ekonomi masyarakat sehingga WB disibukan dengan mencari nafkah hidup.    o   Paket B Setara SMP
-        Mengadakan pendekatan dan memberikan pemahaman secara terus menerus tentang pentingnya pendidikan disamping mencari dukungan dari berbagai pihak baik moril maupun materil.      
3.    Program PendidikanAnakUsiaDini (PAUD)    Program PendidikanAnakUsiaDini (PAUD)      
    §  KelompokBermain
-        Dari 2 kelompok PAUD yang ada di Kec. Bika hanya satu kelompok PAUD yang sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar yaitu PAUD Telsi yg ada di Desa Teluk Sindur, sedangkan PAUD Bina Kasih di Desa Buka Hulu belum melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar ini disebabkan oleh Dana Rintisan PAUD belum cair.    §  KelompokBermain
-        Mengadakan pendekatan dan memberikan pemahaman secara terus menerus tentang pentingnya pendidikan anak usia dini disamping mencari dukungan dari berbagai pihak baik moril maupun materil.
   

B. Hasil Pelaksanaan Penilikan PNFI

Hasil pelaksanaan penilikan PNFI dituangkan dalam seperangkat data hasil penilikan selama satau tahun ( Data hasil Penilikan terlampir).

=============================================

BAB III
P E N U T U P

A. Kesimpulan

Pelaporan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan secara teratur untuk menyampaikan hasil pelaksanaandan tindak lanjut program kepada yang berwenang atau informasi yang disampaikan oleh penilik yang melaksanakan penilikan berdasarkan data-data, yang terkumpul pada periode waktu tertentu.
Laporan penilikan ini dapat menjadi bahan untuk penilaian pelaksanaan kegiatan program-program PNFI yang sedang berjalan atau yang akan dilaksanakan berikutnya serta dapat dijadikan bahan untuk perencanaan penilikan berikutnya.

B. Saran

Pelaksanaan program PNFI secara fungsional dibina oleh penilik PNFI. Eksistensi daripenilik PNFI perlu terus ditingkatkan. Fungsi dan tugas dalam membina, merencanakan, mengevaluasi, mensupervisi, dan melaporkan kegiatan program PNFI termasuk juga melaksanakan pemantauan, pengendalian pada kelompok belajar binaannya perlu dimaksimalkan. Untuk memaksimalkan segenap potensi yang dimiliki oleh Penilik PNFI tersebut, perlu diberikan dana bantuan berupa biaya monitoring dan evaluasi program tambahan kepada mereka agar dalam melaksanakan tugasnya dilapangan, dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab, sekaligus membantu mereka dalam mengurangi beban transport di lapangan.

<=======================================>

track web hits

Terimakasih atas kunjungan Anda:

Member Login

Setiap artikel akan dihantar ke email anda secara otomatis! Masukkan email anda::

<=======================================>

<======= Alghazali Collection =======>
<======= Alghazali Collection =======>